penyebab gatal kemaluan

Sering merasakan gatal di kemaluan? Gatal yang muncul ini bisa dialami oleh pria maupun wanita. Jika Anda mengalami gatal pada vagina ataupun penis, segera lakukan penanganan yang tepat. Dan Anda juga harus mengetahui mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pada wanita, gatal di bagian kewanitaan merupakan kondisi yang umum terjadi dan tidak berbahaya. Namun tetap harus diwaspadai jika gatal terus berlanjut lebih dari beberapa hari, dan muncul gejala lainnya.

Pada pria, gatal pada penis bisa saja diakibatkan oleh adanya infeksi ringan yang bisa dihilangkan dengan melakukan penanganan sendiri. Namun gatal juga bisa menjadi indikasi penyakit menular seksual, bila gatal tidak kunjung reda.

Penyebab Gatal Pada Vagina

Ada banyak penyebab umum terjadinya gatal di kemaluan area kewanitaan, dan diperlukan diagnosis dokter untuk kondisi tepatnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan gatal di vagina:

  • Iritasi karena bahan kimia. Penggunaan bahan kimia, bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada vagina, seperti penggunaan kondom, krim, sabun, tisu ataupun pembalut.
  • Infeksi jamur. Jika jamur tumbuh secara berlebihan di vagina ataupun vulva, akan menyebabkan timbulnya gatal di kemaluan. Infeksi jamur ini akan lebih berisiko terjadi ketika wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif dalam berhubungan seksual, dan juga pada saat sistem kekebalan tubuh melemah. Selain munculnya gatal, infeksi jamur ini bisa membuat timbulnya cairan putih dan kental dari vagina.
  • Bakteri vaginosis. Hal yang normal sebenarnya adanya bakteri sehat pada vagina. Namun bukan hanya bakteri sehat yang ada di vagina, tapi bakteri jahat juga bisa saja ada dan menyebabkan munculnya infeksi dan juga rasa gatal di kemaluan.
  • Adanya bakteri vaginosis tidak hanya akan membuat vagina menjadi gatal, namun juga muncul rasa perih, dan keluar cairan dengan bau tidak sedap.
  • Penyakit menular seksual. Gatal pada vagina juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti herpes, klamidia, trikomoniasis ataupun gonore.
  • Menopause. Produksi estrogen yang menurun membuat dinding vagina menjadi menipis dan juga kering, hal ini bisa menyebabkan timbulnya iritasi dan juga gatal. Biasanya hal ini terjadi bukan hanya pada lansia, namun juga pada wanita yang menyusui.
  • Lichen sklerosis. Yaitu munculnya bercak putih di kulit yang berada sekitar kemaluan. Kondisi ini umumnya terjadi oleh wanita pasca menopause. Penyakit kulit seperti eksim juga bisa menyebabkan timbulnya gatal.
  • Pra-kanker. Gatal pada vagina juga bisa menjadi tanda kulit kemaluan mengalami pra-kanker.
  • Stress. Stres juga bisa menyebabkan gatal dan juga iritasi karena tubuh menjadi lebih berisiko.

Penyebab Gatal Pada Pria

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum munculnya rasa gatal di bagian penis:

  • Infeksi jamur. Umumnya infeksi jamur ini bisa ditangani dengan obat anti jamur, namun harus tetap waspada karena bisa saja mengarah pada kondisi penyakit menular seksual. Biasanya infeksi jamur akan berdampak pada kepala penis.
  • Kondisi tertentu, misalnya diabetes bisa membuat jamur menyebabkan infeksi, dan dapat datang kembali meski sudah menjalani pengobatan. Infeksi ini juga bisa menyebabkan penis membengkak, ruam merah, keluar cairan kental dari balik kulup, dan juga bau tidak sedap. Pengidap infeksi ini juga akan merasakan sakit ketika berhubungan seksual dan juga buang air kecil, bahkan sulit menarik kembali kulit kulup penis.
  • Penyakit menular seksual. Gatal di kemaluan pria ini bisa juga menjadi tanda awal adanya penyakit menular seksual, dengan diikuti gejala lain. Seperti penyakit gonore yang akan menimbulkan gejala keluar cairan putih, kuning atau hijau dari ujung penis, sakit ketika buang air kecil. Ataupun penyakit klamidia dengan gejala yang mirip gonore. Selain itu bisa juga menjadi indikasi sifilis, ataupun herpes genital.
  • Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan adanya kutu di rambut kemaluan, kudis, penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan planus lichen, ataupun kadar gula darah yang tinggi.

Jika Anda mengalami rasa gatal di vagina atau penis yang sudah terjadi berhari-hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dengan begitu dokter bisa memberikan solusi yang tepat untuk keluhan yang Anda alami.