operasi wasir

Hemoroid atau wasir terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah. Gejala yang bisa timbul karena adanya wasir ini adalah terjadinya pendarahan dan lendir setelah buang air besar, ada benjolan yang tergantung pada luar anus, mengalami pembengkakan dan nyeri di sekitar anus, dan juga rasa gatal pada anus.

Penyebab hemoroid atau wasir sebenarnya masih belum jelas, namun penyakit ini selalu dihubungkan karena adanya peningkatan tekanan darah di pembuluh darah yang ada pada anus dan sekitarnya. Peningkatan tekanan darah ini bisa dikarenakan terlalu lama mengejan ketika buang air besar yang biasanya disebabkan oleh konstipasi.

Hemoroid atau wasir ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun ada juga pengobatan yang bisa dilakukan seperti dengan menggunakan obat oles krim, salep atau obat suppositoria (obat yang dimasukkan ke dalam anus) yang dijual di toko obat tanpa memerlukan resep dokter, untuk meredakan bengkak dan juga rasa tidak nyaman. Selain itu harus juga dibarengi dengan perubahan pada pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kaya serat.

Jika hemoroid atau wasir tidak juga bisa ditangani dengan obat-obatan tersebut, ada solusi lain menanganinya yaitu dengan operasi. Berikut ini adalah beberapa prosedur operasi untuk wasir:

Hemoroidektomi

Hemoroidektomi atau prosedur operasi untuk mengangkat hemoroid. Ketika melakukan operasi ini, pasien akan diberikan bius umum. Hemoroidektomi konvensional dilakukan dengan pembukaan kecil pada bagian anus, kemudian hemoroid akan dipotong.

Jaringan di sekitar hemoroid akan dibedah, kemudian pembuluh darah yang bengkak di hemoroid akan diikat guna mencegah terjadinya pendarahan. Lalu, hemoroid diangkat. Area yang dioperasi kemungkinan akan dijahit atau dibiarkan terbuka, dan akan ditutupi dengan kain kasa medis.

Rasa sakit dan nyeri setelah operasi biasanya terjadi selama berminggu-minggu, namun biasanya akan diperlukan waktu 7 hari untuk pulih kembali. Rasa sakit dan nyeri tersebut juga bisa diatasi dengan obat pereda rasa sakit yang akan dokter berikan.

Ligasi Arteri Hemoroid

Prosedur operasi ini dilakukan untuk mengurangi aliran darah ke hemoroid. Anda akan diberikan bius umum, dan dokter akan memasukkan alat pemeriksa ultrasonografi kecil ke anus. Alat tersebut akan menghasilkan gelombang suara tinggi yang akan membantu dokter untuk menemukan pembuluh darah yang bengkak di sekitar anus.

Nantinya pembuluh darah tersebut akan dijahit agar aliran darah ke hemoroid menjadi terputus. Dengan begitu hemoroid akan menyusut beberapa hari setelahnya. Prosedur penjahitan ini bisa juga dilakukan guna mengurangi hemoroid yang tergantung pada bagian luar anus.

Prosedur operasi ini adalah alternatif yang juga efektif selain operasi hemoroidektomi. Namun ligasi arteri hemoroid akan menimbulkan lebih sedikit rasa sakit dibandingkan hemoroidektomi. Sebagian besar pasien yang menjalani ligasi arteri hemoroid dapat kembali beraktivitas lebih cepat dibanding pasien yang menjalani operasi lainnya.

Stapled hemorrhoidopexy

Prosedur ini juga dikenal dengan stapling. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk menangani kondisi hemoroid yang menggantung pada bagian luar anus. Langkah awal Anda akan diberikan bius umum. Namun prosedur ini jarang dipilih karena memiliki resiko terjadinya komplikasi yang serius.

Ketika operasi, bagian anorektum atau bagian terakhir usus besar akan dijepit (di-staple). Dengan cara ini, kemungkinan hemoroid menggantung di luar anus akan menjadi lebih kecil. Selain itu, aliran darah ke hemoroid juga menjadi berkurang, dan membuat hemoroid menyusut.

Pemulihan pasca prosedur ini lebih cepat daripada hemoroidektomi, dan juga tidak terlalu menyakitkan. Namun setelah dilakukan penjepitan, lebih banyak pasien yang mengalami hemoroid menggantung di bagian luar anus dibandingkan setelah operasi hemoroidektomi dilakukan.

Adapula komplikasi yang bisa muncul, seperti munculnya fistula di vagina wanita. Fistula merupakan saluran yang terbentuk di antara lubang anus dan juga vagina. Bisa juga terjadi komplikasi seperti perforasi atau terdapatnya lubang pada rektum.

Konsultasikan dengan dokter Anda, mana penanganan yang tepat untuk masalah hemoroid atau wasir yang Anda alami. Dengan begitu penanganan akan lebih sesuai dan juga tidak menimbulkan resiko yang berbahaya bagi tubuh Anda.