Setiap wanita selain mengalami masa menstruasi juga mengalami masa keputihan, terutama bagi wanita yang sedang hamil. Lalu apa saja penyebab keputihan saat hamil?.

Saat wanita sedang hamil, tubuhnya akan mengerluarkan berbagai hormon serta akan mengalami banyak perubahan baik secara fisiologis dan psikologis. Perubahan-perubahan yang sedang terjadi sebaiknya jangan diabaikan seperti kutipan dari Buletin Sehat, sebab sifat perubahan yang terjadi dapat berdampak langsung terhadap keadaan janin yang sedang dikandungnya.

Perubahan-perubahan yang terjadi apakah normal atau merupakan sebuah penyakit perlu dilakukan analisa secara lebih mendetail dengan memperhatikan gejala-gejala yang terjadi, sebab pemeriksaan dan penanganan setiap ibu yang sedang hamil itu berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Salah satu perubahan yang terjadi pada setiap wanita yang sedang hamil yaitu perubahan hormon, perubahan ini dalam bentuk cairan yang keluar dari organ intim wanita yang biasanya disebut dengan keputihan. Cairan yang keluar tersebut perlu diteliti kembali apakah merupakan keputihan yang biasa atau merupakan keputihan yang diakibatkan karena infeksi, jamur atau penyakit.

masalah keputihan

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Wanita yang sedang hamil biasanya akan mengalami keputihan yang diakibatkan perubahan hormonal yang terjadi padanya, atau disebabkan karena hal lain seperti jamur, virus atau parasit. Keputihan yang terjadi akibat pengaruh hormon umumnya akibat meningkatnya aliran darah pada daerah kewanitaan sehingga cairan organ intim wanita pun menjadi meningkat. Umumnya cairan vagina berfungsi untuk mencegah infeksi masuk ke dalam rahim.

Namun, tidak semua cairan vagina bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Terkadang cairan vagina yang muncul justru telah terkontaminasi dengan virus atau parasit. Untuk itu bagi wanita yang sedang hamil harus berhati-hati terhadap cairan yang keluar dari organ intimnya.

Penyebab keputihan disaat hamil, biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan pada organ intimnya. Karena menjaga kebersihan organ vital pada wanita merupakan hal yang amat penting untuk selalu diperhatikan, bukan hanya untuk wanita yang sedang hamil saja, tapi juga untuk seluruh wanita.

Penyebab lain sehingga terjadinya keputihan pada wanita yang sedang hamil adalah stress yang diakibatkan oleh suatu permasalahan yang berat. Strees dapat mengakibatkan keputihan yang berlebihan serta dapat mengganggu kenyamanan wanita yang sedang hamil bahkan stress juga dapat mempengaruhi keadaan dan perkembangan janin yang sedang dikandung.

Wanita yang sedang hamil juga disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung bau yang sangat menyengat serta berbagai jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, sebab makanan yang berbau menyengat juga dapat menjadi pemicu keputihan yang berlebihan pada wanita yang sedang hamil. Untuk itu sebaiknya bagi wanita yang sedang hamil memilih makanan yang mengandung protein serta nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang baik.

Demikianlah artikel mengenai penyebab keputihan saat hamil. Semoga artikel ini bermanfaat.